Bantu Jawab: afwan saya sedang mencari artikel dalam bahasa arab yang menceritakan tentang perang uhud lengkap de…

Hiii jumpa lagi teman-teman di Bantu Jawab, portal informasi untuk siswa Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita akan membantumu yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan: afwan saya sedang mencari artikel dalam bahasa arab yang menceritakan tentang perang uhud lengkap de…, yuk kita sama-sama cari tahu pembahasannya.

Pertanyaan

afwan saya sedang mencari artikel dalam bahasa arab yang menceritakan tentang perang uhud lengkap dengan artinya

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: afwan saya sedang mencari artikel dalam bahasa arab yang menceritakan tentang perang uhud lengkap dengan artinya

Perang Uhud terjadi pada pertengahan Sya’ban tahun 3 H.Bertepatan dengan bulan Januari 625 M. Peperangan ini terjadi di kaki Gunung Uhud yang terletak di sebelah utara kota Madinah.

Kekalahan pasukan Quraisy dalam perang Badar menimbulkan dendam terhadap kaum muslimin. Oleh karena itu, mereka bertekad untuk mengadakan pembalasan. Agar kekalahan dalam perang Badar tidak terulang lagi. Kafir Quraisy mempersiapkan perbekalan yang besar.

Abu Sofyan mengumpulkan 3000 pasukan terpilih yang terdiri dari orang – orang Quraisy, Arab Tihamah, Kinanah, Bani Al Harist, Bani Al Haun dan Bani Al Musthalib. Setelah Rasulullah mendengar bala tentara kafir Quraisyi telah berangkat dari Mekkah menuju Madinah, bermusyawarahlah beliau dengan para sahabat membicarakan tindakan apa yang harus diambil.

Ada pula yang mengusulkan pada Nabi agar kaum muslimin keluar untuk menghadapi musuh diluar kota. Ada pula beberapa sahabat yang mengusulkan agar kaum muslimin jangan keluar dari kota Madinah, tetapi bertahan saja dalam kota, dan mengadakan perlawanan dan pembelaan dari rumah – rumah dan lorong – lorong kota.

Akhirnya disepakati untuk menghadapi musuh diluar kota 1000 pasukan Islam berangkat untuk menghadapi yang menyerang. Baru saja berangkat, seorang munafik yang bernamaAbdullah ibnu Ubai beserta 300 pengikutnya keluar dari pasukan Islam.

Baca Juga  Bantu Jawab: rangkuman senam irama ​

Nabi beserta pasukan muslim sampai ke Bukit Uhud, lalu beliau mengatur strateginya. Lima puluh orang pasukan pemanah dibawah pimpinan yang bernama Abdullah ibnu Jabir ditempatkan di atas bukit untuk menutup jalan pasukan berkuda kafir Quraisy. Rasulullah berpesan kepada mereka agar tidak meninggalkan tempat hingga usai perang. Pasukan Islam yang lain, ditempatkan dibawah bukit.

Pertempuran dimulai dengan perang tanding lebih dahulu. Dari pihak kafir keluarlah Talhah ibnu Abi Tahah, dari muslimin keluarlah Ali melawannya, Talhah tewas. Lalu tampil Usman, dari muslimin tampilkan Hamzah. Usman tewas. Tampil lagi As’ad saudara Talhah dan Usman, lalu ditewaskan oleh Ali. Kemudian tampil saudaranya yang keempat, yaitu Musami, juga tewas.

Terjadilah perang yang sebenarnya. Pasukan Muslim dapat membuat sebagian pasukan kafir Quraisy kucar-kacir. Setelah melihat tanda-tanda kemenangan pasukan muslim mulai mengumpulkan harta rampasan dari tentara Quraisy yang tewas dan melarikan diri dari medan perang.

Pasukan pemanah yang ditempatkan diatas bukit, ikut pula untuk mengumpulkan harta rampasan. Akibatnya pasukan kafir Quraisy yang dipimpin oleh Khalid bin Walid, segera mengambil alih tempat yang ditinggalkan pasukan Islam di atas bukit. Pasukan kafir Quraisy yang berada di bawah bukit melakukan serangan kilat. Pasukan Islam terjepit.

Terdengar seruan bawah Rasulullah telah terbunuh, sehingga pasukan Islam tidak mempunyai pegangan. Rasulullah yang telah diisukan terbunuh, sedang menghadapi kafir Quraisy. Tiba – tiba seorang kafir Quraisy yang bernama Ubay bin Khalaf dengan pedang terhunus mencoba untuk membunuh Rasulullah. Beliau segera mempertahankan diri dengan menghujamkan pedangnya ke tubuh Ubay bin Khalaf hingga tewas. Dia merupakan orang pertama dan terakhir tewas ditangan Rasulullah. Rasulullah mendapat luka-luka dikening, graham dan gigi beliau patah.

Baca Juga  Bantu Jawab: hal hal yang membedakan mazhab neo klasik dengan mazhab sebelumnya

Dalam peperangan ini dari kaum muslim telah gugur sebagai syuhada tujuh puluh orang, diantaranya Hamzah, paman Rasulullah, Hindun putri Utbah yang dibunuh Hamzah dalam peperangan Badar dan Istri Abu Sofyan mengambil mayat Hamzah, lalu memotong-motong dan membelah perutnya. Kemudian dikeluarkannya hatinya untuk ditelannya.

Bagaimana? Apa penjelasan tadi dapat membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang berbeda?

Sampai jumpa lagi…

Leave a Comment