Bantu Jawab: Buatlah pidato bertema sumpah pemuda!

Hiii jumpa lagi teman-teman di Bantu Jawab, portal informasi untuk siswa Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita akan membantumu yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Buatlah pidato bertema sumpah pemuda!, yuk kita sama-sama simak pembahasannya.

Pertanyaan

Buatlah pidato bertema sumpah pemuda!

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Buatlah pidato bertema sumpah pemuda!

Selamat pagi/Assalamu’alaikum.

Yang terhormat Bapak dan Ibu dewan guru yang dirahmati Tuhan, serta teman-teman sekalian yang saya cintai,

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan. Karena telah memberi kita kesempatan berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat.

Kedua, mari kita bersama memanjatkan syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai cahaya di Bumi ini. Karena hanya atas perjuangannya, kita semua dapat berkumpul di sini dalam lindungan cahaya Islam (jika seluruh murid Islam, jika banyak murid non-Islam sebaiknya dilewati saja).

Pada pagi yang indah kali ini, saya ingin menyampaikan sebuah cerita singkat tentang perjuangan para pemuda di masa penjajahan dulu. Tepatnya yang akan saya ceritakan adalah pada saat Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928 silam.

Dulu, nama Indonesia tidak pernah ada, yang ada adalah Jawa, Sunda, Madura, Batak, Bugis, dan suku-suku lainnya. Akan tetapi demi kemenangan Indonesia melawan penjajahan Belanda, semua suku rela membuang gengsinya. Bersatu, saling menerima perbedaan satu sama lain.

Toleransi semacam inilah yang mulai hilang dari pemuda-pemuda Indonesia. Saat ini, banyak orang saling menghina hanya karena perbedaan agama, budaya, atau pandangan politik. Akhirnya karena terlalu sibuk berdebat, akhirnya lupa Indonesia punya masalah-masalah yang lebih penting.

Oleh karena itu, generasi muda harapan bangsa, mari bersama-sama kita semua berusaha. Menjaga toleransi dan kerukunan meski punya latar belakang berbeda. Jangan sampai sedikit perbedaan malah menghalangi kita untuk jadi SDM Indonesia yang unggul.

Baca Juga  Bantu Jawab: buatlah pidato sumpah pemuda​

Ingatlah filosofi dari gerakan Sumpah Pemuda, gerakan yang mati-matian dibentuk pendahulu kita di masa lalu. Terus semangat belajar dan jadilah generasi yang bisa mengharumkan nama Indonesia di masa depan, semangat!

Jika ada kurang lebihnya, saya mewakili siswa sekolah ini mengucapkan mohon maaf. Semoga ilmu yang sudah kalian dapatkan bisa diterapkan sebaik-baiknya.

Selamat pagi/Wassalamu’alaikum.

Jadi gimana? Apa tulisan barusan dapat membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang lebih baik?

By bye…

Leave a Comment