Bantu Jawab: buatlah rangkuman tentang:senam lantai dan sebutkan 5 point" penting dari senam lantai contoh:Roll d…

Hiii jumpa lagi teman-teman di Bantu Jawab, portal informasi untuk siswa Indonesia.

Pada artikel kali ini kita mau membantumu yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan: buatlah rangkuman tentang:senam lantai dan sebutkan 5 point” penting dari senam lantai contoh:Roll d…, yuk kita sama-sama perhatikan pembahasannya.

Pertanyaan

buatlah rangkuman tentang:senam lantai dan sebutkan 5 point” penting dari senam lantai
contoh:Roll depan,Roll belakang dan sebagai nya.

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: buatlah rangkuman tentang:senam lantai dan sebutkan 5 point” penting dari senam lantai
contoh:Roll depan,Roll belakang dan sebagai nya.

Jawaban:

Senam lantai merupakan satu di antara jenis cabang olahraga senam yang cukup populer di dunia. Olahraga tersebut bisa dilakukan siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Sesuai namanya, senam lantai dilakukan di atas permukaan lantai dengan menggunakan alas. Adapun alas yang biasa digunakan ialah berupa matras.

Matras tersebut digunakan sebagai alat bantu utama yang berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Senam lantai banyak menggunakan gerakan, seperti berguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau untuk melompat ke depan atau belakang. Umumnya, di dalam pertandingan resmi, senam lantai dilakukan di atas lantai yang memiliki ukuran 12×12.

Senam lantai diperkirakan telah ada sejak zaman Yunani Kuno. Pada abad ke-20, senam mulai populer dan menyebar di seluruh dunia. Perkembangan olahraga ini sangat pesat hingga akhirnya mempunyai banyak cabang, satu di antaranya adalah senam lantai. Sementara, awal masuknya senam di Indonesia ialah pada 1912, saat masa penjajahan Belanda. Masuknya olahraga senam tersebut bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan kebugaran jasmani sebagai satu di antara mata pelajaran wajib di sekolah. Senam yang pertama kali dikenalkan pada waktu itu adalah senam versi negara Jerman. Pada 1916, senam versi Jerman ini diubah dengan memakai sistem dari Swedia.

Penemu sistem senam lantai tersebut ialah seorang perwira kesehatan yang berasal dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr. H. F. Minkema. Melalui Minkema inilah sejarah perkembangan senam lantai di Indonesia mulai menyebar ke beberapa wilayah. Tak hanya itu, pada 1918, Minkema juga membuka kursus senam Swedia tersebut. Dengan makin populer nya senam lantai, maka didirikanlah sebuah organisasi dengan tujuan membina para atlet senam berbakat. Organisasi tersebut dibentuk pada tanggal 14 Juli tahun 1963 dan diberi nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Baru pada 1964, Indonesia kali pertama ikut serta dalam perlombaan senam lantai bertaraf Internasional di GANEFO I (Games of the New Emerging Forces).

A. Gerakan Dasar Senam Lantai

1. Guling depan

Guling depan (forward roll) adalah berguling ke depan dengan menggunakan bagian atas belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang). Latihan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu guling ke depan dengan awalan sikap berdiri dan awalan jongkok.

2. Guling Belakang

Guling belakang (backward roll) adalah menggulingkan badan ke belakang dengan posisi badan tetap harus membulat, yaitu kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, dan kepala ditundukkan sampai dagu melekat di dada.

3. Guling Lenting

Gerakan guling lenting adalah gerakan melenting badan ke atas-depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Latihan gerakan guling lenting ini dibedakan menjadi dua berdasarkan dengan tumpuannya, yaitu bertumpu pada tengkuk dan kepala.

4. Kayang

Kayang merupakan salah satu gerakan senam lantai.

5. Meroda (Cart Wheel)

Yaitu gerak memutar tubuh dari sikap menyamping dengan tumpuan gerakan pada kedua kaki dan tangan. Latihan meroda dapat dilakukan secara bertahap yaitu dari melakukan satu kali gerakan meroda, apabila sudah merasakan baik dapat ditingkatkan menjadi beberapa kali gerakan.

6. Lompat Harimau

Lompat harimau adalah gerakan melompat yang menyerupai harimau yang sedang menerkam. Secara prinsip, teknik yang digunakan pada lompat harimau kurang lebih sama dengan teknik guling depan. Yang membedakan hanya awalannya saja.

7. Lompat Jongkok

Gerakan ini pada dasarnya adalah kombinasi 2 gerakan dasar, yaitu lompat dan jongkok.

8. Lompat Kangkang

Latihan yang satu ini membutuhkan alat bantu berupa peti atau kotak kayu yang nantinya akan dilompati saat melakukan gerakan ini.

9. Sikap Lilin

Sikap lilin mirip dengan sikap kayang dalam hal kegunaannya untuk meningkatkan kelenturan tubuh.

10. Handstand

Gerakan senam lantai yang cukup populer walaupun mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Kita mungkin tidak memerlukan matras untuk latihan yang satu ini.

Pembahasan:

Maaf kalau masih panjang:(

Jadi gimana? Apa pembahasan tadi dapat membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang berbeda?

Sampai jumpa lagi…

Baca Juga  QUIS APA YANG DI MAKSUD BANGSA BARAT ​ || Bantu Jawab

Leave a Comment