Bantu Jawab: jelaskan mengapa Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak sejarah dalam perjuangan bangsa indonesia

Hei hei hei… jumpa lagi kawan-kawan di Bantu Jawab, portal informasi untuk siswa Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita akan membantumu yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan: jelaskan mengapa Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak sejarah dalam perjuangan bangsa indonesia, yuk kita sama-sama cari tahu pembahasannya.

Pertanyaan

jelaskan mengapa Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak sejarah dalam perjuangan bangsa indonesia

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: jelaskan mengapa Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak sejarah dalam perjuangan bangsa indonesia

Tonggak sejarah kedua adalah Deklarasi Sumpah Pemuda yang berlangsung pada Kongres Pemuda Indonesia ke II pada tanggal 28 Oktober 1928. Isi deklarasi tersebut adalah pernyataan para pemuda: bertanah air yang satu, tanah Indonesia; berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Sumpah pemuda ini merupakan peristiwa yang sangat mendasar dan monumental bagi bedirinya negara-bangsa Indonesia; merupakan peristiwa heroik yang dilancarkan oleh para pemuda yang memerlukan keberanian dengan mengandung penuh resiko, karena pada waktu itu bangsa Indonesia masih dijajah oleh Belanda.

Sumpah pemuda ini menjadi pendorong bagi para pemuda untuk berjuang lebih keras lagi dalam mewujudkan negara Indonesia yang merdeka. Berdirilah berbagai partai politik yang berhaluan non kooperatif dengan pihak penjajah Belanda, sehingga banyak pemuda yang ditangkap dan diasingkan ke berbagai tempat yang sangat terpencil agar tidak dapat berhubungan dengan masyarakat pendukungnya. Namun semangat untuk merdeka tidak pupus, tumbuh terus di hati para pemuda dengan keyakinan bahwa waktu untuk merdeka sudah di ambang pintu.

Bagaimana? Apa pembahasan di atas dapat membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang berbeda?

Sampai jumpa lagi…

Baca Juga  Bantu Jawab: Perilaku yang berpengaruh positif terhadap lingkungan dan energi

Leave a Comment