Bantu Jawab: Menuliskan teks nonfiksi mengenai pengalamanmu dalam melestarikan kebudayaan Indonesia sebanyak 2 pa…

Hello jumpa lagi kawan-kawan di Bantu Jawab, portal informasi untuk pelajar Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita mau membantumu yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Menuliskan teks nonfiksi mengenai pengalamanmu dalam melestarikan kebudayaan Indonesia sebanyak 2 pa…, yuk kita sama-sama perhatikan pembahasannya.

Pertanyaan

Menuliskan teks nonfiksi mengenai
pengalamanmu dalam melestarikan
kebudayaan Indonesia sebanyak 2 paragraf.

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Menuliskan teks nonfiksi mengenai
pengalamanmu dalam melestarikan
kebudayaan Indonesia sebanyak 2 paragraf.

Kebudayaan Indonesia adalah kebudayaan nasional, kebudayaan lokal atau kebudayaan asing yang telah ada di Indonesia sejak dahulu. Kebudayaan bangsa Indonesia sekarang mulai luntur dari masyarakat, khususnya para pemuda yang lebih condong dan senang karena budaya-budaya asing. Terkadang budaya asing yang masuk tanpa disaring untuk dipilih terlebih dahulu, namun langsung menerima dan mengingat tanpa dipikirkan ulang. Sehingga masyarakat kita menyatakan budaya barat yang bertentangan dengan budaya asli Indonesia, yang terkenal akan sopan santunnya. Misalnya, lihat saja model pakaian dari budaya barat yang masuk dan ditiru anak masa kini dengan pakaian seksi.

Lunturnya kebudayaan bangsa indonesia disebabkan oleh beberapa faktor yang paling tidak disadari masyarakat. Masyarakat saat ini lebih memilih dan menirukan budaya asing yang lebih praktis, efisien dan sesuai perkembangan zaman. Bukan berarti budaya lokal tidak sesuai dengan perkembangan zaman, namun kebanyakan budaya asing tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Budaya lokal dapat menyesuaikan perkembangan zaman sebagai tidak meninggalkan ciri khas budaya tersebut. Faktor kedua adalah minimnya komunikasi budaya, komunikasi adalah salah satu hal penting agar tidak terjadi salah pemahaman tentang budaya bangsa. Minimnya komunikasi dalam suatu bangsa sering menimbulkan perselisihan antar budaya suku yang menyebabkan konflik, berdampak pada ketahanannya nasional. Pembelajaran tentang budaya yang rendah akan melihat pentingnya budaya lokal dalam membangun budaya bangsa serta melihat cara adaptasi budaya lokal di tengah perkembangan zaman. Proses pembelajaran tentang budaya harus ditanamkan sejak dini.

Baca Juga  Bantu Jawab: Jelaskan berbagai macam sikap lilin senam lantai pada konsep ‚Äč

Bagaimana? Apa pembahasan tadi dapat membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang lebih baik?

By bye…

Leave a Comment