Bantu Jawab: organisasi keagamaan yang muncul pada masa awal abad 20 antara lain​

Hei hei hei… jumpa lagi teman-teman di Bantu Jawab, portal informasi untuk pelajar Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita ingin membantumu yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan: organisasi keagamaan yang muncul pada masa awal abad 20 antara lain​, yuk kita sama-sama simak pembahasannya.

Pertanyaan

organisasi keagamaan yang muncul pada masa awal abad 20 antara lain​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: organisasi keagamaan yang muncul pada masa awal abad 20 antara lain​

Jawaban:

pemikiran organisasi pembaharu tidak terlepas oleh pengaruh pemikiran yang ada di Timur Tengah terutama Muhammad Abdul Wahab. Orang-orang Islam Indonesia mulai menyadari perlu adanya perubahan di berbagai aspek kehidupan. Dalam aspek agama, memahami kembali agama Islam sesuai dengan al-Qur’an dan Sunnah. Menjauhi segala bid’ah, khurafat dan tahayul dan apa saja yang bertentangan dengan ajaran islam murni. Sehingga munculah gerakan-gerakan Islam di Indonesia sebagai upaya ortodoksi agama Islam melalui pendirian lembaga-lembaga pendidikan seperti yang dilakukan oleh Sumatra Thawalib yang ada di pulau Sumatra kemudian Organisasi Muhammadiyah, Al-Irsyad, Persis yang berada di pulau Jawa.

Dalam upaya penyebaran agama islam yang puritan, organisasi ini tetap menggunakan gaya, model pendidikan barat sehingga bisa dikatakan lebih modernis. Namun dalam kelanjutannya, beberapa gerakan berkembang menjadi gerakan sosial-politik

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: organisasi keagamaan yang muncul pada masa awal abad 20 antara lain​

Jawaban:

1.Organisasi Muhammadiyah (18 November 1912)

didirikan di Yogyakarta oleh K.H Ahmad Dahlan. Dalam upaya penyebaran agama Islam dan ilmu yang ia peroleh, atas saran dari murid-muridnya dan beberapa anggota Budi Utomo ia mendirikan sekolah sendiri yang diatur dengan rapi dan didukung oleh organisasi yang bersifat permanen untuk menghindarkan praktek-praktek ajaran islam yang tidak sesuai dengan syariat.

Baca Juga  Jelaskan Perbedaan Antara Haji Dan Umrah

2.Persatuan Islam (PERSIS) (12 September 1923)

organisasi massa Islam yang didirikan oleh para ulama yang beraliran pembaharuan di bnadung pada 12 September 1923. Para ulama pendiri Persis antra lain KH. Zamzam dan A. Hasan. Persis merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pembaharuan.

Bagaimana? Apa penjelasan barusan dapat membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang berbeda?

Sampai jumpa lagi…

Leave a Comment