Bantu Jawab: rangkuman tentang sumpah pemuda dalam bingkai bhineka tunggal Ika​

Hiii jumpa lagi teman-teman di Bantu Jawab, portal informasi untuk pelajar Indonesia.

Pada artikel kali ini kita mau membantumu yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan: rangkuman tentang sumpah pemuda dalam bingkai bhineka tunggal Ika​, yuk kita sama-sama perhatikan pembahasannya.

Pertanyaan

rangkuman tentang sumpah pemuda dalam bingkai bhineka tunggal Ika​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: rangkuman tentang sumpah pemuda dalam bingkai bhineka tunggal Ika​

Negara Kesatuan Republik Indonesia lahir karena dipertegas oleh sikap dan komitmen pemuda untuk berbangsa satu dan bertanah air satu, Indonesia. Komitmen untuk bangsa dan tanah air Indonesia diikrarkan para pemuda dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Sumpah menjadi sangat penting dalam sejarah bangsa Indonesia karena telah menjadi penegas arah perjuangan bangsa Indonesia.

Peristiwa sejarah Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari pemuda-pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan pemoeda-pemoedi atau kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia karena perjuangan yang bersifat lokal kedaerahan berubah menjadi perubahan yang bersifat nasional. Para pemuda sadar bahwa perjuangan yang bersifat nasional. Para pemuda sadar bahwa perjuangan yang bersifat lokal adalah sia-sia. Mereka juga sadar bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan cita-cita kemerdekaan dapat diraih. Pada tahun 1908, bangsa Indonesia mulai bangkit ditandai dengan berdirinya Budi Utomo yang mendorong

Bagaimana? Apa penjelasan di atas bisa membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang berbeda?

Sampai jumpa lagi…

Baca Juga  Bantu Jawab: puisi tentang pembentukan sumpah pemuda

Leave a Comment