Bantu Jawab: semangat sumpah pemuda 1928

Hiii jumpa lagi kawan-kawan di Bantu Jawab, portal informasi untuk siswa Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita akan membantumu yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan: semangat sumpah pemuda 1928, yuk kita sama-sama cari tahu pembahasannya.

Pertanyaan

semangat sumpah pemuda 1928

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: semangat sumpah pemuda 1928

Para pemimpin organisasi pemuda Indonesia ini ialah Sugiono, Sunardi, Moeljadi, Soepangkat, Agus Prawiranata, Soekamso, Soelasmi, Kotjo Sungkono, dan Abdul Gani.  Sedangkan ketuanya pertama kali ialah Sugiono. Mengenai gerakan politik organisasi pemuda ini belum belum ikut langsung dalam gerakan politik. Selama beberapa tahun diperdebatkan bentuk persatuan yang diinginkan. Akhirnya para pemuda Indonesia sepakat untuk mengadakan Kongres Pemuda yang berlangsung di Jakarta pada 30 April-2 mei 1926. Nama – nama yang tertulis diatas mempunyai andil yang cukup besar dalam pelaksanaan Kongres Pemuda 1. Namun, sampai berlangsungnya kongres pemuda II pada tanggal 28 oktober 1928 organisasi Pemuda Indonesia belum juga bergerak secara langsung di bidang politik.            

Kongres Pemuda I bertujuan untuk

1. Membentuk badan sentral organisasi pemuda Indonesia

2. Memajukan paham persatuan kebangsaan

3. Mempererat hubungan diantara semua perkumpulan pemuda kebangsaan

Jadi gimana? Apa pembahasan barusan cukup membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang lebih baik?

Sampai jumpa lagi…

Baca Juga  1)Manfaat beragama dan beribadah menurut UUD 1945 2)manfaat perlindungan hukum menurut UUD 1945 3)ma... || Bantu Jawab

Leave a Comment