Bantu Jawab: tolong buat kan pidato sumpah pemuda plissss..​

Hello jumpa lagi kawan-kawan di Bantu Jawab, portal informasi untuk siswa Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita akan membantumu yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan: tolong buat kan pidato sumpah pemuda plissss..​, yuk kita sama-sama cari tahu pembahasannya.

Pertanyaan

tolong buat kan pidato sumpah pemuda plissss..​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: tolong buat kan pidato sumpah pemuda plissss..​

Jawaban:

sejenisnya. Berikut ini contohnya.

Contoh Pidato Di Depan Anak SD

Selamat pagi/Assalamu’alaikum.

Yang terhormat Bapak dan Ibu dewan guru, serta anak-anakku sekalian yang tercinta.

Kali ini, Pak Guru (ini bisa dikondisikan) akan menceritakan kisah yang sangat keren. Yaitu kisah dari dua Bapak Proklamator kita, siapa namanya? Ya, namanya adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta.

Bapak Soekarno dan Hatta sudah berjuang buat kemerdekaan Indonesia dari kecil. Dari masih muda, sudah berjuang untuk Indonesia secara diplomatis. Salah satunya dengan mengikuti Sumpah Pemuda.

Anak-anak hafal isinya Sumpah Pemuda? Coba dibaca (biarkan anak-anak membaca Sumpah Pemuda).

Ya, itulah Sumpah Pemuda, tumpah darah yang satu, bangsa yang satu, dan bahasa yang satu: Indonesia. Dulu sebelum adanya Sumpah Pemuda, Indonesia itu tercerai-berai. Tidak punya rasa persatuan dan kesatuan.

Tapi demi kemenangan bangsa, akhirnya para pemuda zaman dulu, Pak Karno, Hatta, dan teman-temannya membentuk forum pemuda Indonesia.

Sejak forum ini ada, pemuda Indonesia tidak terpecah belah lagi. Tadinya, orang Jawa berjuang sendiri, orang Madura berjuang sendiri, Sunda, Batak, Bugis, Betawi, Aceh…semuanya berjuang sendiri. Akhirnya karena berjuang sendiri-sendiri, mereka kalah.

Terus gimana supaya tidak kalah lagi? Mereka pun bersatu, pemuda-pemuda dari semua daerah di Indonesia bersatu membentuk Sumpah Pemuda. Sejak saat itu, Indonesia jadi semakin kuat.

Baca Juga  Bantu Jawab: Tuliskan 6 hal yang menyebabkan terjadinya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928​

Belajar dari kisah Sumpah Pemuda, ayo anak-anak, kita semua sama-sama belajar memupuk kerukunan. Jangan suka berkelahi satu sama lain. Kasihan pahlawan kita kalau melihat anak cucunya bertengkar dan saling bermusuhan, ya, setuju?

Jadi tetap jaga kerukunan, jangan suka menakali temannya, jangan suka bolos juga supaya makin pintar dan bisa mengharumkan nama Indonesia. Ingat, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh! Jangan dilupakan ya kata-kata itu.

Demikianlah pidato yang bisa Bapak Guru sampaikan saat ini. Kalau ada kurang lebihnya, Pak Guru mohon maaf sebesar-besarnya, dan mari bersama mendoakan pahlawan kita yang gugur di masa lalu. Berdoa dimulai (ajak anak-anak berdoa sambil menundukkan kepala).

Selamat pagi/Wassalamu’alaikum

Penjelasan:

MAAF KLO SAYA PIDATONYA TIDAK TEPAT

MOHON MAAF

Bagaimana? Apa penjelasan barusan bisa membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang berbeda?

By bye…

Leave a Comment