Jawaban Allah Swt. mengenalkan asma-asma-Nya di dalam al-Qur'an. Salah satunya tertuang di Q.S. an-Nahl/16:…

Holaaa jumpa lagi teman-teman di Bantu Jawab, portal informasi untuk siswa Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita akan membantumu yang lagi mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: Allah Swt. mengenalkan asma-asma-Nya di dalam al-Qur’an. Salah satunya tertuang di Q.S. an-Nahl/16:…, yuk kita sama-sama cari tahu pembahasannya.

Pertanyaan

Allah Swt. mengenalkan asma-asma-Nya di dalam al-Qur’an. Salah satunya tertuang di Q.S. an-Nahl/16: 90  di bawah ini.

Ayat tersebut menunjukkan Allah Swt. memiliki Asmaulhusna sifat

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Allah Swt. mengenalkan asma-asma-Nya di dalam al-Qur’an. Salah satunya tertuang di Q.S. an-Nahl/16: 90  di bawah ini.

Ayat tersebut menunjukkan Allah Swt. memiliki Asmaulhusna sifat

Berikut ini adalah surat An Nahl ayat 90 yang berbunyi:

  • ۞ اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ – ٩٠

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.

Ayat tersebut walaupun tidak secara langsung menyebutkan Asmaul Husna namun didalamnya terkandung untuk berlaku adil yang merupakan pengamalan dari Asmaul Husna Al Adl (Allah Maha Adil)

Pembahasan

Di dalam Al Quran, Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menyampaikan segala firmanNya. Diantaranya Allah mengenalkan kepada semua manusia bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala memiliki nama-nama yang baik dan Indah. Nama-nama tersebut adalah Asmaul Husna. Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala di dalam surat Al Araf ayat 180 yang berbunyi:

  • وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ

(Dan Allah memiliki Asma’ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma’ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan)

Salah satu nama Asmaul Husna adalah Al Adl, yang artinya Maha Adil. Berikut ini beberapa pengertian dari Allah Maha Adil yaitu:

  • Allah Maha adil terhadap seluruh makhluknya tanpa terkecuali.
  • Sifat Adil Allah tidak dapat dipengaruhi oleh sesuatu apapun dan bersifat mutlak.
  • Allah akan memberikan kepada makhluknya sesuai dengan kadar masing-masing yang sudah Allah Subhanahu Wa Ta’ala tentukan.

Demikian, Semoga membantu!

Pelajari lebih lanjut

1.  Materi tentang Asma’ul Husna brainly.co.id/tugas/39987874

2. Materi tentang Al Mu’min brainly.co.id/tugas/15846904

3. Materi tentang Al Hafizh brainly.co.id/tugas/31127339

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: Agama

Bab: Iman Kepada Allah Swt

Kode: 7.14.3

Kata Kunci: Asma’ul Husna, Al Adl

#AyoBelajar

Jadi gimana? Apa tulisan tadi bisa membantumu?

Atau kamu mungkin memiliki jawaban yang lebih baik?

Sampai jumpa lagi…

Baca Juga  Jawaban ras ras proto melayu

Leave a Comment