Jawaban Jelaskan perkembangan ras melanesoid di kepulauan Indonesia​

Holaaa jumpa lagi teman-teman di Bantu Jawab, pusat soal untuk pelajar Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita mau membantumu yang lagi mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: Jelaskan perkembangan ras melanesoid di kepulauan Indonesia​, yuk kita sama-sama perhatikan pembahasannya.

Pertanyaan

Jelaskan perkembangan ras melanesoid di kepulauan Indonesia​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Jelaskan perkembangan ras melanesoid di kepulauan Indonesia​

Jawaban:

(1.)

asal usul ras nenek moyang di kepulauan indonesia adalah suatu ras yang berkulit gelap dan bertubuh kecil. Keturunan inindikenal sebagai orang orang vedda dan dikelompokkan sebagai negrito / negroid. Ciri fisik orang vedda hampir sama seperti aborigin (Australia), sehingga Koentjaraningrat (seorang ahli Antropologi Indonesia ) menyebut orang Vedda sebagai Austro-Melanosoid. vedda menyebar ke timur dan mendiami wilayah papua, sulawesi selatan, kai, seram, timor barat, flores barat, sampai kepulauan melanesia.

Setelah kedatan orang Vedda ke Nusantara, kemudian disusul oleh kedatangan dua gelombang besar yaituProto Melayu dan Deutro Melayu.

Proto melayu dianggap sebagai kelompok melayu polinesia yang bermigrasi dari wilayah cinaselatan melewati indochina dan siam . terjadi 3000 tahun SM. Bangasa proto Melayu membawa perkakasdari batu berupa kapak persegi bagi yang pindah melalui jalur barat. dan kapak lonjong bagi yang pindah melalui jalur timur. Gelombang kedatangan berikutnya ke wilayah Nusantara adalah Deuto-Melayu yang berasal dari indochina bagian utara. Kedatangan deutromelayu mendesak keberadaan protomelayu ke

(2.)

1. Melanosoide yang merupakan rumpun bangsa Melanosoide/Ras Negroid. Bangsa ini merupakan gelombang pertama yang berimigrasi ke Indonesia.

Bangsa Melanisia/Papua Melanosoide yang merupakan Ras Negroid memilikiciri-ciri antara lain: kulit kehitam-hitaman, badan kekar, rambut keriting, mulut lebar dan hidung mancung. Bangsa ini sampai sekarang masih terdapat sisa-sisaketurunannya seperti Suku Sakai/Siak di Riau, dan suku-suku bangsa PapuaMelanosoide yang mendiami Pulau Irian dan pulau-pulau Melanesia.

Baca Juga  Jawaban buatlah 3 pertanyaan tentang tanda baca al-quran​

Bagaimana? Apa penjelasan barusan cukup membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang lebih baik?

By bye…

Leave a Comment