Jawaban jelaskan peta persebaran nenek moyang bangsa indonesia melanesoid, weddid dan negroid​

Hiii jumpa lagi kawan-kawan di Bantu Jawab, portal soal untuk siswa Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita mau membantumu yang lagi mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: jelaskan peta persebaran nenek moyang bangsa indonesia melanesoid, weddid dan negroid​, yuk kita sama-sama perhatikan pembahasannya.

Pertanyaan

jelaskan peta persebaran nenek moyang bangsa indonesia melanesoid, weddid dan negroid​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: jelaskan peta persebaran nenek moyang bangsa indonesia melanesoid, weddid dan negroid​

Jawaban:

Tempat sebaran dan ciri ciri negrito dan weddid adalah

Negrito

Ras Negroid (berkulit hitan) adalah ras manusia yang terutama mendiami benua Afrika di sebelah selatan gurun sahara. Ras ini datang ini dari Afrika. Di Indonesia ras ini sebagian besar mendiami daerah Papua. Keturunan ras ini terdapat di Riau (pedalaman) yaitu suku Siak (Sakai), serta suku Papua melanesoid mendiami Pulau Papua dan Pulau Melanesia.

Weddoid

Ras Wedoid adalah ras manusia yang ukuran tubuhnya lebih pendek mendekati kerdil. Ciri ras ini adalah berkulit hitam, bertubuh sedang, dan berambut keriting. Ras ini datang dari India bagian selatan. Keturunan ras ini mendiami kepulauan Maluku dan Nusa Tenggara Timur (Kupang). Persebaran lainnya adalah orang Sakai di Siak, orang kubu di Jambi, orang Enggaro, Mentawai, Toala Tokea, Tomuna di Kepulauan Muna.

Di samping Weddoid dan Negrito, ada lagi ras Melanesoid. Ras Melanosoid adalah kelompok orang orang yunan yang bermigrasi ke nusantara sebagai gelombang pertama. Ras Melanosoid ini dikenal juga dengan Istilah bangsa Malenesia atau Papua Melanosoid yang merupakan bagian dari ras negroid.

Ras Melanosoid ini bermigrasi ke wilayah nusantara di zaman Pleistocene atau zaman es sekitar 1,6 juta atau 100.000 tahun lalu. ciri utama dari ras melanosoid adalah kulit hitam, mulut yang lebar, badan kekar, tulang hidung lebih tinggi serta rambut hitam yang cenderung tebal dan keriting.  

Baca Juga  Jawaban Rasm Al Ma'Mur Al Ard Merupakan Hasil Karya... A.Al Farabi. B.Umar Khayyam. C.Al Khindi. D.Ibnu Khal...

Keturunan ras melanosoid ini masih ada di Indonesa dan tersebar di berbagai wilayah misalnya Suku Sakai atau Siak di Riau, suku-suku di Papua dan lain lain.

moga membantu

Penjelasan:

Bagaimana? Apa penjelasan barusan cukup membantumu?

Atau kamu malah memiliki pendapat yang berbeda?

Sampai jumpa lagi…

Leave a Comment