Jawaban Jelaskan tentang sejarah perkembangan Kepemimpinan Hindu (dimulai kapan, tokohnya siapa, diwilayah m…

Hei hei hei… jumpa lagi kawan-kawan di Bantu Jawab, portal informasi untuk pelajar Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita akan membantumu yang sedang mencari jawaban [buat|atas} pertanyaan: Jelaskan tentang sejarah perkembangan Kepemimpinan Hindu (dimulai kapan, tokohnya siapa, diwilayah m…, yuk kita sama-sama cari tahu pembahasannya.

Pertanyaan

Jelaskan tentang sejarah perkembangan Kepemimpinan Hindu (dimulai kapan, tokohnya siapa, diwilayah mana, dan diterapkan oleh siapa) ​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Jelaskan tentang sejarah perkembangan Kepemimpinan Hindu (dimulai kapan, tokohnya siapa, diwilayah mana, dan diterapkan oleh siapa) ​

Sejarah perkembangan Kepemimpinan Hindu (waktu dimulainya, tokoh, wilayah, dan diterapkan oleh siapa)

Sejarah perkembangan kepemimpinan Hindu (kerajaan Hindu) khususnya di Nusantara (Indonesia) bermula di Kalimantan Timur dengan kerajaan yang bernama Kerajaan Kutai. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan tertua bercorak Hindu yang berdiri di Nusantara. Kerajaan yang terletak di tepi sungai Mahakam ini didirikan sekitar tahun 400 Masehi. Raja pertama atau pendiri kerajaan ini bernama Kudungga, sedangkan rajanya yang terkenal bernama Mulawarman.

Kerajaan ini diselimuti oleh ajaran Hindu dan raja Mulawarman yang merupakan raja terkenalnya menyembah Dewa Siwa.

Raja Mulawarman pernah memberikan hadiah berupa 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana pada sebuah upacara. Untuk mengingat upacara tersebut, didirikanlah Yupa. Yupa merupakan prasasti pertama dari kerajaan Kutai dan juga merupakan bukti berdirinya kerajaan Hindu di Indonesia.

Setelah Kerajaan Kutai, muncul kerajaan – kerajaan bercorak Hindu lainnya seperti Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Mataram, dan lain-lain.

Penjelasan:

Ajaran Hindu pertama kali masuk ke Nusantara melalui sebuah hubungan perdagangan dengan negara lain. Agama ini disebarkan di Indonesia oleh orang suci dari India yang bernama Maha Rsi Agastya. Setelah itu mulailah persebaran agama Hindu di Indonesia.

Baca Juga  Jawaban rasio A dan B 4:7. jika uang B,4.200.000. jumlah uang mereka adalah?

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang Kerajaan Hindu yang berkembang di Indonesia pada https://brainly.co.id/tugas/32451820

#BelajarBersamaBrainly

Jadi gimana? Apa pembahasan barusan dapat membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang lebih baik?

Sampai jumpa lagi…

Leave a Comment