Bantu Jawab: dirangkum : 1.Sejarah senam irama, 2 pengertian senam irama. 3.unsur-unsur senam irama. 4. Macam-mac…

Hei hei hei… jumpa lagi kawan-kawan di Bantu Jawab, portal informasi untuk siswa Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita akan membantumu yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan: dirangkum : 1.Sejarah senam irama, 2 pengertian senam irama. 3.unsur-unsur senam irama. 4. Macam-mac…, yuk kita sama-sama perhatikan pembahasannya.

Pertanyaan

dirangkum : 1.Sejarah senam irama, 2 pengertian senam irama. 3.unsur-unsur senam irama. 4. Macam-macam Langkah kaki pada senam irama. 5. lagu daerah yg biasa dipakai senam irama .pelajari dan rangkum a dari internet dan sumber lainya tentang senam Irama. 

no copas​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: dirangkum : 1.Sejarah senam irama, 2 pengertian senam irama. 3.unsur-unsur senam irama. 4. Macam-macam Langkah kaki pada senam irama. 5. lagu daerah yg biasa dipakai senam irama .pelajari dan rangkum a dari internet dan sumber lainya tentang senam Irama. 

no copas​

1.Sejarah Senam Irama

Olahraga senam irama berawal dari gagasan Jean-Georges-Noverre pada 1727-1810, Francois Delsarte pada 1811-1871, dan Rudolf Bode pada 1881-1970. Ketiga orang tersebut percaya pentingnya ekspresi pada suatu gerakan yang dilakukan oleh tubuh, guna menciptakan keindahan melalui berbagai rangkaian

2.Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat. Alat yang sering digunakan adalah ganda, simpai, tongkat, bola, pita dan topi

3.Unsur-unsur yang diperlukan dalam senam irama adalah :

Kelentukan. Keseimbangan. Keluwesan. Fleksibilitas

4.1. langkah biasa ( looppas )

2. langkah rapat ( bijtrekpas )

3. langkah kesetimbangan ( balanspas )

4. langkah depan ( galoppas )

5. langkah tiga ( wallpas )

6. langkah silang ( kruispas )

7. langkah samping ( zijpas )

8. langkah ganti ( wisselpas )

9. langkah lingkar ( huppelpas )

10. langkah pantul ( kaatspas )

11. langkah silang lingkar ( schaatsenrijderpas )

12. langkah putar silang ( draipas )

5.ampar Ampar pisang,rasa sayange,cing Cang Keling

semoga membantu maaf kalau salah

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: dirangkum : 1.Sejarah senam irama, 2 pengertian senam irama. 3.unsur-unsur senam irama. 4. Macam-macam Langkah kaki pada senam irama. 5. lagu daerah yg biasa dipakai senam irama .pelajari dan rangkum a dari internet dan sumber lainya tentang senam Irama. 

no copas​

Jawaban:

Sejarah Senam Irama

Olahraga senam irama berawal dari gagasan Jean-Georges-Noverre pada 1727-1810, Francois Delsarte pada 1811-1871, dan Rudolf Bode pada 1881-1970.

Ketiga orang tersebut percaya pentingnya ekspresi pada suatu gerakan yang dilakukan oleh tubuh, guna menciptakan keindahan melalui berbagai rangkaian.

Lantas, gerakan tersebut mulai berkembang. Tepatnya pada abad ke-19 terdapat suatu sistem latihan yang dikenal sebagai Swedia System (sistem Swedia) yang diperkenalkan oleh Peter Henry Ling.

Di mana yang awalnya merupakan gerakan bebas, lalu dipromosikan sebagai ‘gymnastik estetis’. Gymnastik estetis merupakan suatu gerakan tubuh yang dilakukan oleh seorang atlet yang juga dibarengi oleh ekspresi diri, emosi, dan perasaan.

Seiring dengan perkembangan zaman, pemikiran pun makin maju. Tepatnya pada 1929, Hinrich Medau menciptakan suatu gagasan gymnastik yang cukup modern, yaitu suatu gerakan senam artistik yang menggunakan alat-alat tambahan seperti: bola, pita, tali, gada, dan simpai.

Kompetisi pertama senam irama dilakukan di Rusia pada 1940. Kemudian pada 1961 oleh FIG, senam irama dimasukkan ke cabang senam.

Awal mula senam ini bernama modern gimnastik, lalu berubah menjadi olahraga gimnastik ritmis dan terakhir menjadi senam irama atau gimnastik ritmis.

Itulah sejarah awal mula adanya senam irama yang masih lestari hingga sekarang. Banyak orang dari berbagai jenjang usia yang sudah menyukai olahraga tersebut, terutama karena mempunyai banyak manfaat.

Yap, enam irama mempunyai banyak bagi tubuh dan kesehatan. Dengan iringan musik, seseorang yang melakukan senam bisa menikmati setiap gerakan karena irama lagu yang menyenangkan.

Selain untuk kesehatan, gerakan senam irama juga dibuat untuk menghasilkan keindahan. Masyarakat yang bekerja di kantor, rumah sakit, hingga sekolah-sekolah menjadikan senam irama sebagai kegiatan rutin di hari tertentu.

Pengertian senam irama

Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.[1] Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat.[butuh rujukan] Alat yang sering digunakan adalah ganda, simpai, tongkat, bola, pita dan topi.

Unsur-unsur yang diperlukan dalam senam irama adalah :

bola adalah salah satu contoh alat yang sering digunakan pada Senam Irama

1. Kelentukan[butuh rujukan]

2. Keseimbangan[butuh rujukan]

3. Keluwesan[butuh rujukan]

4. Fleksibilitas[butuh rujukan]

5. Kontinuitas[butuh rujukan]

6. Ketepatan dengan irama[butuh rujukan]

Kita perlu menguasai teknik gerakan pada senam irama agar mencapai gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan rohani.[butuh rujukan] Hal ini sesuai dengan tujuan senam yaitu membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan.[butuh rujukan] Ada tiga hal yang harus ditekankan pada senam irama, yaitu :[butuh rujukan]

a. Ketepatan musik/irama

b. Kelentukan (fleksibilitas)

c. Kontinuitas gerakan

Gerakan Dasar Irama Sunting

1. Gerakan Langkah Kaki Sunting

a. Gerakan biasa Sunting

Caranya :

1. Berdiri dengan sikap tegak

2. Langkah kaki kiri dan kedua lengan di samping badan

3. Melangkahkan kaki kanan dan jatuhkan pada tumit

4. Dilanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian

b. Langkah Biasa Sunting

Caranya:

1. Berdiri dengan sikap tegak

2. Langkahkan kaki kanan di depan kaki kanan ke depan

3. Langkahkan kaki kiri di depan kaki kanan dilanjutkan kedua kaki rapat

c. Langkah Keseimbangan Sunting

Caranya:

1. Berdiri dengan sikap tegak

2. Pada hitungan 1, melangkahkan kaki kiri kedepan

3. Pada hitungan 2, kaki kanan menyusul melangkah ke depan

4. Sebelum kaki kanan (tumit masih terangkat) kaki mundur diikuti kaki kanan mundur rapat.

4 lagu daerah yang dapat digunakan untuk mengiringi senam irama

1.Ampar Ampar Pisang

2.Rasa Sayange

3.Cing Cangkeuling

4.Kicir Kicir

Jadikan jawaban terbaik ya dan berterimakasih

Jadi gimana? Apa tulisan tadi cukup membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang berbeda?

Sampai jumpa lagi…

Baca Juga  Bantu Jawab: Senam lantai juga disebut dengan senam..................

Leave a Comment