Bantu Jawab: sebutkan semangat sumpah pemuda 1928

Hello jumpa lagi kawan-kawan di Bantu Jawab, portal informasi untuk siswa Indonesia.

Pada tulisan kali ini kita mau membantumu yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan: sebutkan semangat sumpah pemuda 1928, yuk kita sama-sama cari tahu pembahasannya.

Pertanyaan

sebutkan semangat sumpah pemuda 1928

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: sebutkan semangat sumpah pemuda 1928

Sumpah Pemuda (angkatan 1928) bukanlah peristiwa yang berdiri sendiri tetapi dilandasi oleh perjuangan angkatan 1908, angkatan 1908 dilandasi oleh perjuangan angkatan sebelumnya. Angkatan 1945 dilandasi oleh perjuangan angkatan 1928, jadi produk-produk kebangsaan dan kenegaraan Indonesia merdeka merupakan hasil perjuangan antar generasi tersebut di atas secara berkesinambungan. Sumpah Pemuda merupakan keputusan politik pemuda-pemudi Bumi Putera untuk Berbangsa Satu Bangsa Indonesia, Bertanah Air Satu Tanah Air Indonesia, Berbahasa Satu Bahasa Indonesi. Oleh karena itu nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menyiratkan Amanat Penderitaan Rakyat di masa penjajahan serta menuju Indonesia yang adil makmur dan berdaulat.

Semangat atau Api Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 adalah Menuju Masyarakat Indonesia yang Adil dan Makmur serta Berdaulat.

Di abad 21, era digital dan komunikasi yang sangat cepat serta jumlah manusia penghuni bumi yang semakin padat, semangat sumpah pemuda yang oleh Bung Karno disebut Amanat Penderitaan Rakyat, pada intinya seperti tercantum dalam Pancasila :
1. Persatuan Indonesia
2. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Persatuan Indonesia wujudnya adalah Negara Kesatuan Repulik Indonesia yang di dalamnya berisi Masyarakat Adil dan Makmur. Negara merupakan sarana untuk menyelenggarakan dan mencapai kemakmuran. Kalau Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 menyatakan Satu Bangsa dengan tujuan menjadi bangsa yang adil makmur dan berdaulat, sedangkan pemuda sekarang seharusnya mempertahankan Negara Kesatuan Repulik Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang berdaulat dan menyelenggarakan kenegaraan yang baik agar mencapai masyarakat Indonesia khususnya dan masyarakat dunia yang adil dan makmur, seperti yang tertulis dalam Pembukaan UUD’45.

Baca Juga  quiz special buat lucas day tentukan hasil dari pembagian perkalian dan penambahan berikut...dua soa... || Bantu Jawab

MAAF ITU KURANG SOALNYA BANYAK BANGET ISINYA

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: sebutkan semangat sumpah pemuda 1928

kongres pemuda 2 menghasilkan ikrarsumpah pemuda yg isinya:

1.kami putra&putri Indonesia,mengakui bertumpah darah satu,tanah air Indonesia
2.kami putra & putri Indonesia ,mengakui berbangsa satu,bangsa Indonesia
3.kami putra&putri Indonesia,menjunjung tinggi bahasa persatuan , bahasa Indonesia

Jadi gimana? Apa penjelasan tadi dapat membantumu?

Atau kamu malah memiliki jawaban yang lebih baik?

Sampai jumpa lagi…

Leave a Comment